karet konstruksi untuk dermaga,jalan jembatan,struktur gudang,struktur bangunan,produk antara lain : karet fender,karet bumper loading dock,bantalan karet jembatan,karet siar muai atau expantion joint seal.

Mengenal Alat Penambat Kapal di Pelabuhan dan Dermaga

Mengenal Alat Penambat Kapal di Pelabuhan dan Dermaga


Alat penambat adalah suatu perangkat yang digunakan untuk keperluan mengikat kapal pada saat kapal berlabuh agar tidak terjadi pergeseran atau gerak kapal yang disebabkan oleh gelombang, arus dan angin. Alat penambat juga dapat berfungsi untuk menolong berputarnya kapal. Alat penambat ini biasa diletakkan di sisi tepi dermaga dan adapula yang ditanam di dalam air. Menurut macam konstruksinya, alat penambat dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut:
  • Bollard / bolder sebagai alat pengikat.
  • Pelampung penambat / mooring buoy.
  • Dolphin

Bollard

bollard


Bollard merupakan perangkat yang sangat penting untuk melindungi kapal dari gelombang, angin dan arus. Biasa diletakkan pada tepi dermaga dengan mengikatkan tali – tali penambat ke bagian buritan, haluan dan badan kapal. Pengoperasian sistem penambat kapal di dermaga dilaksanakan dengan menggunakan Warping Winch yang merupakan derek penggulung untuk menarik tali tambat. Derek penggulung ini dapat digerakkan dengan tenaga penggerak listrik atau hidraulik. Untuk penjelasan dan produk bollard lebih lengkap bisa klik tautan ini Bollard.

Pelampung Penambat / Mooring Buoy


         

Pelampung penambat berada di dalam kolam pelabuhan atau di tengah laut. Kapal yang akan bongkar muat tidak selalu dapat langsung merapat pada dermaga karena dermaga sedang di pakai, di perbaiki atau lainnya. Dengan demikian kapal tersebut harus menunggu diluar dermaga dan berhenti. Pelampung penambat juga bisa berfungsi sebagai penolong untuk berputarnya kapal dan penambat lepas pantai. Pelampung penambat terdiri dari beberapa komponen yaitu pelampung penambat, jangkar dan rantai antar jangkar. Pelampung penambat tidak boleh hanyut atau berubah banyak dari tempat yang telah ditentukan.

Dolphin



Dolphin adalah konstruksi yang digunakan untuk menambat kapal tangker berukuran yang biasanya digunakan bersama – sama dengan pier atau wharf untuk memperpendek panjang bangunan tersebut. Dolphin penahan mempunyai ukuran lebih besar, karena dia direncanakan untuk menahan benturan kapal ketika berlabuh dan menahan tarikan kapal karena pengaruh tiupan angin, arus dan gelombang. Menurut konstruksinya, dolphin dapat dibedakan menjadi dolphin lentur dan dolphin kaku. Dolphin lentur terdiri dari suatu kelompok tiang dari kayu, besi atau beton yang diikat dengan kabel baja. Dolphin lentur juga dapat berupa tiang – tiang pancang yang disusun secara simetris.

Demikian sedikit ulasan tentang alat penambang kapal di pelabuhan dan dermaga. Jangan lupa klik tautan tentang Bollard untuk mengetahui produk – produk unggulan perusahaan kami.

Semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Pabrik Karet Jembatan

Pabrik Karet Jembatan

Karet Fender Dermaga

Karet Fender Dermaga

Produsen Karet Konstruksi

Produsen Karet Konstruksi

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive